7 Tips Solo Traveling Buat Kamu Si Pecinta Tantangan

Punya rencana liburan sendiri? Simak tips dari kami seputar solo traveling buat kamu yang suka dengan petualangan.

Nabila Yuanita

Tips Solo Traveling

Membayangkan solo traveling atau berpergian ke luar kota sendirian mungkin terasa menakutkan bagi pemula. Pasti kamu bertanya-tanya banyak hal terutama soal keamanan dan kenyamanan pribadi.

Perasaan ragu dan khawatir merupakan hal yang sangat lumrah, apalagi jika kamu baru saja ingin memulai. Nah, agar kamu merasa tenang dari keraguan yang mungkin membuat takut, kamu harus membekali diri dengan mengetahui beberapa tips solo traveling.

Membaca tips solo traveling akan membantu kamu lebih siap menghadapi petualangan pertamamu. Nah, setelah ini kami akan membantu kamu merancang hal-hal yang perlu disiapkan, apa saja itu? Simak baik-baik penjelasan berikut ini, yuk!

Tips solo traveling

Di bawah ini tersedia tujuh tips yang bisa kamu terapkan demi pengalaman pertama solo traveling yang akan kamu ingat seumur hidupmu!

1. Riset destinasi

Langkah pertama, tentukan kota yang ingin kamu tuju. Bingung kota mana yang ingin kamu jadikan the first memorable experience?

Tentukan preferensi yang kamu sukai, misalnya, apakah kamu tertarik dengan keindahan alam? sejarah dan budaya? atau kuliner? Kemudian, riset di mesin pencarian atau Google kota mana saja yang memiliki preferensi yang kamu inginkan.

Nah, setelah menemukan kota yang klik dengan kamu mau, lanjutkan riset mendalam mengenai destinasi tersebut. Pelajari apa saja yang menjadi icon atau tempat terunik, kuliner khas, ragam budaya, dan acara yang akan berlangsung selama kedatanganmu.

Dengan informasi yang cukup akan membantu kamu memiliki jadwal yang terstruktur dan memaksimalkan pengalaman pertama solo traveling.

Baca Juga: 6 Lokasi Wisata Sejarah di Solo, Cocok Buat Liburan Akhir Tahun!

2. Rencana perjalanan

Riset destinasi? Done!

Sekarang waktunya menyusun rencana perjalanan mulai dari keberangkatan hingga kembali pulang. Meski travelling identik dengan fleksibilitas, tidak ada salahnya jika kamu membuat jadwal yang terstruktur.

Tips Solo Traveling
Sumber: Bola.com

Tetapkan destinasi, transportasi, tempat menginap, dan aktivitas harian. Merancang jadwal perjalanan akan memudahkan kamu mengeksplor kota yang kamu kunjungi, tentunya kamu juga lebih percaya diri dan lebih tenang saat melakukan solo traveling yang pertama.

3. Jaga kesehatan

Jangan sesekali nekat pergi dalam keadaan tubuh tidak fit!

Sebelum memulai perjalanan, pastikan tubuh dalam kondisi sehat. Bawa obat-obatan esensial, seperti obat masuk angin, flu, batuk, dan sakit kepala. Akan lebih baik lagi jika kamu memiliki asuransi perjalanan.

Selain itu, hindari stres dengan menghindari begadang atau tidur terlalu larut. Stres saat berpergian tentu akan merusak suasana saat travelling, kan?

4. Siapkan dokumen penting

Pastikan KTP, Paspor, SIM, kartu asuransi, rekening, dan tiket perjalanan ada di dompetmu!

Untuk berjaga-jaga, fotokopi dan foto semua dokumen yang kamu bawa. Salinan dokumen sebagai langkah pengamanan tambahan apabila terjadi hal yang tidak diinginkan selama perjalanan.

5. Kontak darurat

Ini dia yang paling sering dilupakan: kontak darurat.

Menyimpan kontak darurat sangat penting apabila kamu dalam perjalanan jauh dan sendirian. Catat nomor-nomor penting, seperti orang terdekat, kedutaan, dan kantor konsulat terutama jika kamu berada di luar negeri.

6. Mempelajari bahasa lokal

Tips Solo Traveling
Sumber: IDN Times

Tips lainnya adalah mempelajari bahasa lokal untuk mempermudah kamu bergaul dengan masyarakat asli di destinasi kamu kunjungi.

Tidak perlu terlalu memperdalam bahasa lokal yang akan kamu kunjungi, cukup pelajari kalimat dasar seperti salam dan terima kasih. Jika beruntung, kamu bisa mendapatkan teman baru, tentunya ini akan menjadi pengalaman yang berharga.

7. Testimoni solo traveler

Ini tidak kalah penting! Cari testimoni solo traveler yang pernah mengunjungi destinasi kamu incar.

Pengalaman mereka akan memberikan perspektif dari destinasi tersebut. Biasanya traveler lain juga memberikan tips-tips yang sangat berguna, sehingga bisa membantu kamu lebih siap menghadapi berbagai situasi.

Itu dia tujuh tips solo traveling yang bisa kamu lakukan. Masih bingung menentukan destinasi yang ingin kamu kunjungi? Yuk, sambangi Kemuning di Jawa Tengah sebagai destinasi pertama solo travelingmu!

Banyak wisata Kemuning yang bisa kamu jelajahi, lho! Misalnya Telaga Madirda, Air Terjun Jumog, dan Rumah Teh Ndoro Donker. Jangan ragu lagi, ayo ke Kemuning!

Referensi:

Sohib Indonesia Baik

Go Abroad

Tags

Related Post

Tinggalkan komentar