7 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Karanganyar, Wajib Bawa Pulang!

Lagi cari oleh-oleh khas Karanganyar? Klik ini yuk, kami menyediakan rekomendasi oleh-oleh yang paling unik dan enak!

Nabila Yuanita

oleh-oleh khas karanganyar

Bingung mau beli apa selepas dari Karanganyar?

Meski Karanganyar dikenal sebagai tempat wisata dengan keindahan alam yang luar biasa, ada satu yang tidak boleh kamu lewatkan, yaitu kuliner unik yang cocok sebagai buah tangan dari Karanganyar untuk orang terdekat.

Di sini, kami akan menjelaskan beberapa cemilan khas oleh-oleh Karanganyar yang mudah ditemukan di sepanjang jalan. Yuk, intip apa saja rasa lokal yang wajib kamu cicipi!

1. Jadah Tempe Legend

jadah tempe
Sumber: D Sukmana Adi

Jadah tempe, kombinasi tempe bacem dan kukus ketan parutan kelapa, memiliki rasa gurih dan manis yang sangat. Jadah tempe termasuk makanan yang mudah ditemukan di sepanjang jalan Karanganyar, namun yang paling populer di antaranya adalah Jadah Tempe Legend.

Sesuai namanya, jadah tempe ini telah melegenda sejak puluhan tahun lalu. Jadah Tempe Legend yang terletak di dekat pertigaan Tawangmangu dan Ngargoyoso. Harga Jadah Tempe Legend mulai dari Rp 15.000 – Rp 30.000 per besek.

2. Ubigo Bollen

ubigo bollen
Sumber: Soloraya

Pecinta bolleh jangan sampai melewatkan kuliner satu ini, yakni Ubigo Bollen. Sedikit berbeda dari bollen pada umumnya yang diisi dengan pisang, makanan ini justru terbuat dari ubi ungu dan manisan bligo.

Adapun harga Ubigo Bollen dibandrol harga Rp 38.000 per boks. Outlet kudapan manis ini terletak persis di pinggir jalan raya Solo – Tawangmangu.

3. Thiwul Ayu Mbah Marto

tiwul ayu
Sumber: Tiwul Ayu Mbah Marto

Santapan tradisional ala Karanganyar yaitu thiwul harus masuk keranjang oleh-oleh. Salah satu thiwul legendaris di Karanganyar adalah Thiwul Ayu Mbah Marto yang telah berdiri sejak 1979.

Makanan ini terdiri dari varian rasa, seperti original, cokelat, pandan, keju, gula aren, pelangi, dan mix. Harga per boks mulai dari Rp 13.000 hingga Rp 16.000. Toko Thiwul Ayu Mbah Marto bisa kamu temukan di dekat Alun-alun Karanganyar.

4. Pisang Molen Gajah

pisang molen gajah
Sumber: Cari Kuliner Indonesia

Pisang Molen Gajah merupakan salah satu ikon oleh-oleh Karanganyar yang patut dicoba. Terbuat dari bahan-bahan berkualitas, dengan kulitnya yang renyah dan isian pisang yang manis memanjakan lidah.

Mulai dari Rp 28.000 kamu bisa menikmati pisang molen khas Karanganyar ini. Berlokasi tepat di pinggir jalan raya Tawangmangu.

5. Gethuk Semar Tawangmangu

gethuk semar tawangmangu
Sumber: Menu Kuliner

Gethuk adalah sejenis makanan tradisional terbuat dari ketela yang diparut yang dicampur dengan kelapa parut dan gula kelapa. Rasanya unik dengan rasa manis yang dominan menjadi cemilan yang digemari banyak orang.

Jika kamu berkunjung ke Tawangmangu, jangan lewatkan kesempatan membeli cemilan khas ini di Gethuk Semar Tawangmangu yang terletak di jalan raya Tawangmangu. Tiap boksnya dibandrol harga Rp 20.000 saja.

6. Gemblong Duren 537

gemblong duren 537
Sumber: Tribunnews

Kamu suka durian? Jangan sampai terlewatkan makanan khas ini!

Cemilan satu ini termasuk paling unik di antara makanan Karanganyar lainnya. Perpaduan singkong, ketan, dan durian, menyumbang rasa istimewa di lidah. Saat menyantap ini, sensasi durian yang ada pada gemblong meleleh di setiap gigitan.

Kamu bisa membeli makanan tersebut di kios Gemblong Duren 537. Satu boks berisi lima gemblong dengan harga jual Rp 18.000.

7. Ampyang Jawa

ampyang jawa
Sumber: Cookpad

Ampyang jawa, kudapan manis dengan perpaduan jahe cocok menjadi pilihan oleh-oleh selepas dari Karanganyar. Cemilan berbahan kacang dan gula merah ini termasuk kue yang digadang-gadang dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Harga Ampyang Jawa termasuk terjangkau, mulai dari Rp 8.000 hingga Rp 12.000 untuk kemasan kecil. Sedangkan kemasan kiloan dibandrol harga Rp 60.000/kg.

Demikian penjelasan dari berbagai rekomendasi oleh-oleh khas Karanganyar, Jawa Tengah yang harus kamu bawa pulang untuk sanak saudara.

Referensi:

Tags

Related Post

Tinggalkan komentar