5 Spot Sunset di Karanganyar, Pecinta Senja Wajib ke Sini!

Gak afdol rasanya kalau tidak mengunjungi spot sunset di Karanganyar. Temukan sederet spot favorit untuk menyaksikan sunset di Karanganyar!

Nabila Yuanita

Itinerary Karanganyar 3 Hari 2 Malam

Siapa yang tidak suka pemandangan sunset? Semburat indah dari sinar matahari tenggelam kerap membuat kita berdecak kagum. Kabupaten Karanganyar merupakan salah satu daerah yang menawarkan berbagai spot untuk memandang sunset.

Sunset di Karanganyar memang tidak sepopuler di kota lain, seperti di Jogja. Tetapi, tidak ada salahnya kamu coba menikmati pemandangan matahari tenggelam di Kabupaten satu ini. Dijamin, deh, kamu akan mendapatkan pengalaman yang tidak kalah indah!

Apabila kamu berkunjung ke Karanganyar, rasanya pasti kurang lengkap jika tidak sunset-an di sini. Nah, buat kamu yang tidak mau ketinggalan momen magis pemandangan ini, yuk, simak deretan spot sunset yang paling recommended di Karanganyar!

1. Candi Cetho

Spot Sunset di Karanganyar
Sumber: Travel Kompas

Candi Cetho, situs sejarah di Karanganyar, wajib kamu kunjungi saat-saat menjelang petang. Kamu akan disuguhi pemandangan sunset yang luar biasa. Lokasinya yang berada di lereng gunung, kamu bisa menyaksikan hamparan kebun teh Kemuning dengan udara yang segar.

Hanya di Candi Cetho kamu akan punya pengalaman sunset seperti berada di Pura Lempuyang, Bali. Manfaatkan ambil foto-foto menarik saat posisi matahari tepat berada di tengah gapura Candi Cetho.

2. Bukit Mongkrang

Spot Sunset di Karanganyar
Sumber: Travel Kompas

Mau merasakan sunset dengan pemandangan hamparan sabana hijau? Kamu harus datang ke Bukit Mongkrang. Walau kamu perlu mendaki untuk mencapai puncak ini, kamu tidak akan menyesal. Rasa lelah akan terbayarkan dengan pemandangan mantahari tenggelam yang sangat indah.

Tenang saja, mendaki Bukit Mongkrang tidak seberat mendaki gunung-gunung pada umumnya. Bahkan di bukit ini kamu juga dapat berkemah dan menikmati sunrise sekaligus, lho.

3. Puncak Gunung Lawu

Spot Sunset di Karanganyar
Sumber: Freepik

Nah, pilihan spot satu ini menjadi salah satu tempat sunset terbaik yang ada di nusantara. Apabila kamu adalah pencinta petualangan, mendaki Gunung Lawu tidak boleh kamu lewatkan. Selain pemandangan sunset yang indah, kamu bisa menjelajah gunung ini melewati berbagai hamparan sabana dan hutan yang rimbun.

Sebelum mendaki ke gunung ini, kamu perlu tahu apa saja jalur pendakian Gunung Lawu yang tersedia. Sebab, setiap jalur memiliki tantangan yang berbeda-beda. Terutama jika kamu adalah seorang pendaki pemula, memahami medan jalur pendakian akan sangat membantu.

4. Bukit Paralayang

Spot Sunset di Karanganyar
Sumber: FutureVision

Apabila kamu tidak suka mendaki gunung, berkunjung ke bukit Paralayang untuk menikmati sunset merupakan pilihan yang tepat. Di sini, kamu tidak perlu susah payah mendaki atau berjalan jauh untuk mencapai puncak bukit.

Bahkan kamu juga bisa ajak Si Kecil menikmati keindahan senja dengan pemandangan kebun Teh yang luas. Pemandangan tersebut tidak hanya memanjakan mata saja, kamu juga bisa menikmati udaranya segar dan membuat hati terasa adem.

Destinasi yang terletak di Kemuning ini, juga menawarkan pengalaman terbang menggunakan paralayang. Hanya mengocek 300 ribu, kamu dapat terbang melayang berkeliling bukit selama 20 menit. Tenang saja, fasilitas ini sudah dilengkapi dengan pengamanan yang baik. Jadi, kamu tidak perlu khawatir, ya.

5. Tawangmangu

Jika ingin menikmati sunset yang tidak jauh dari keramaian, Tawangmangu hadir untuk menemani senjamu. Tawangmangu berada di perbukitan yang memungkinkan kamu menyaksikan matahari tenggalam di ufuk barat.

Sembari menyaksikan sunset, kamu juga bisa jajan ria di warung-warung atau pedagang kaki lima sepanjang jalan. Saat cuaca cerah, kamu bisa melihat kota Solo dari kejauhan, lho. Bahkan gunung Merbabu dan Merapi akan terlihat jelas.

Begitulah beberapa rekomendasi spot sunset yang paling menarik di Karanganyar. Selama berada di Karanganyar, jangan sampai kamu melewati momen menangkap sunset, ya.

Referensi:

Tags

Related Post

Tinggalkan komentar