5 Air Terjun di Karanganyar, Cocok Untuk Lepas Penat

Air terjun di Karanganyar memang pilihan paling oke untuk pergi sejenak dari kepenatan. Apa saja, ya, air terjun tersebut? Simak Ini!

Nabila Yuanita

Air Terjun di Karanganyar

Ingin melepas penat dan lelah? Mampir ke air terjun mungkin jawaban yang paling sesuai. Tidak perlu jauh-jauh, Kabupaten Karanganyar punya sederet daftar air terjun yang bisa membantu kamu melepaskan kejenuhan hati.

Bayangkan, deh, kamu berada di sana, merasakan kesegaran udara yang sejuk di antara hutan yang lebat, dan suara gemericik air menenangkan. Rasa penat atau lelah yang sempat melekat di hati jadi tersingkirkan cuma karena berkunjung ke air terjun.

Makin pengen ke air terjun di Karanganyar?

Tenang saja, kami sudah mencatat beberapa air terjun yang valid diberi bintang 5 oleh ratusan pengunjung. Berikut ini beberapa wisata air terjun yang bisa kamu jadikan referensi untuk menghilangkan rasa penat dan lelahmu!

1. Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun di Karanganyar
Sumber: Nagan Tour

Air terjun Grojogan Sewu merupakan wisata air yang sering dikunjungi masyarakat lokal. Tidak heran, pemandangan yang apik dengan air terjun yang deras menjadi pilihan tepat untuk berlibur. Apalagi airnya yang jernih dan dingin, kamu bisa bermain air bahkan berenang di sekitar destinasi ini.

Lokasi: Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Jam operasional: 07.00 – 17.00 WIB

Tiket masuk: Rp 20.000

2. Air Terjun Jumog

Air Terjun di Karanganyar
Sumber: Radar Pena

Mau pemandangan yang tidak kalah kece? Kamu harus mampir ke air terjun Jumog yang terletak di Desa Berjo ini. Tidak seramai Grojogan Sewu, di sini kamu bisa menikmati pemandangan indah air terjun dengan sedikit pengunjung.

Selain itu, air terjun Jumog menyediakan fasilitas ramah keluarga yang bisa kamu coba. Misalnya, playground, kolam renang, dan panggung hiburan. Jadi, kamu tidak perlu khawatir bawa buah hati berlibur ke air terjun Jumog.

Lokasi: Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Jam operasional: 08.00 – 17.00 WIB

Tiket masuk: Rp 10.000

3. Air Terjun Parang Ijo

Sumber: Ticmpu

Nah, jika kamu baru saja mengunjungi Candi Sukuh, jangan sampai tertinggal untuk singgah sejenak di air terjun Parang Ijo. Sebenarnya lokasi air terjun Parang Ijo dengan Jumog tidak terlalu jauh, kamu bisa mampir di dua tempat ini sekaligus dalam waktu berdekatan.

Parang Ijo juga tidak kalah cantik dengan air terjun lainnya. Kamu akan dibuat berdecak kagum dari keindahan alam yang mengelilingi air terjun ini. Suasanya yang asri akan membuat kamu betah berlama-lama di sana.

Lokasi: Jl. Munggur Raya, Mlinggur, Girimulyo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Jam operasional: 07.30 – 17.00 WIB

Tiket masuk: Rp 5.000 – Rp 10.000

4. Air Terjun Pringgondani

Air terjun lain yang wajib masuk daftar kunjunganmu adalah Pringgondani! Meski destinasi ini menyelimuti mitos yang kuat, tidak ada salahnya kamu juga mampir ke air terjun dengan keindahan alam yang masih asri.

Bahkan tidak banyak masyarakat setempat yang mengetahui air terjun ini. Walau begitu, akses ke air terjun ini bisa dikunjungi siapapun atau oleh umum, kok. Namun, pastikan kamu menyesuaikan adat istiadat setempat, ya.

Lokasi: Area Hutan Lindung, Blumbang, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

5. Air Terjun Kedung Sriti

Air Terjun di Karanganyar
Sumber: Wonosobo Zone

Kedung Sriti memang tidak setinggi air terjun sebelumnya. Tetapi jangan salah sangka, debit airnya justru tidak kalah deras. Inilah yang membuat Kedung Sriti menjadi lokasi air terjun yang istimewa.

Bisa dibilang air terjun satu ini jarang sekali pengunjungnya. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan suasananya yang tenang dan asri untuk melepaskan diri dari rasa lelah.

Lokasi: Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 

Jam operasional: 06.00 – 18.00

Bagaimana, menarik bukan deretan air terjun yang telah kami paparkan? Itu dia 5 rekomendasi wisata air terjun yang ada di Karanganyar. Setelah berkunjung, jangan lupa beli oleh-oleh khas Karanganyar untuk orang tersayang di rumah, ya!

Referensi:

Tags

Related Post

Tinggalkan komentar