5 Oleh-Oleh Khas Boyolali Buat Orang Rumah

Gak afdol liburan ke Boyolali tanpa oleh-oleh khas Boyolali. Yuk, beli oleh-oleh khas dari kota ini. Apa saja itu? Simak artikel ini!

Nabila Yuanita

Oleh-Oleh Khas Boyolali

Setelah puas keliling Boyolali, kurang afdol kalau pulang kampung tanpa bawa oleh-oleh khas Boyolali. Jangan salah, walau kota kecil ini terkenal dengan pemandangan alam yang estetik, Boyolali juga dikenal dengan beragam oleh-oleh khasnya yang lezat dan unik.

Nah, buat kamu yang ingin bawa oleh-oleh khas Boyolali untuk kerabat dekat, wajib banget beli daftar oleh-oleh berikut ini!

Keju Boyolali

Sudah bukan rahasia lagi kalau Boyolali dikenal dengan kota susu sapi dan kejunya yang lezat. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan oleh-oleh keju buatan Boyolali di toko-toko yang tersebar di setiap sudutnya.

Salah satu produsen keju yang cukup terkenal adalah Indrakila yang terletak di Jalan Professor Soeharso. Keju lokal ini terasa creamy, lembut di lidah, dan tentunya bikin nagih.

Petis Sapi

Pada umumnya petis terbuat dari udang atau ikan. Tetapi, di Boyolali petis yang identik dengan warna hitam ini justru terbuat dari sapi, loh.

Petis sapi paling nikmat untuk cocolan gorengan, seperti bakwan dan tempe goreng. Kamu juga bisa mengolah petis sapi dengan makanan lain, seperti rujak cingur.

Dodol Susu

Penggemar dodol wajib cobain dodol yang terbuat dari susu. Dodol susu Boyolali memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis serta gurih.

Camilan ini cocok untuk dinikmati bersama dengan secangkir kopi atau teh. Dodol susu akan menjadi oleh-oleh yang menyenangkan bagi pecinta makanan manis.

Keripik Ceker

Jangan mengaku suka ceker kalau belum pernah coba keripik ceker. Keripik ceker dibuat dari ceker ayam yang digoreng hingga mengering menyerupai kerupuk.

Rasanya kres kres dan gurih buat kamu susah move on dari cemilan satu ini. Pokoknya, oleh-oleh ini jangan sampai kelewatan, ya!

Keripik Kulit Sapi

Selain terkenal dengan keripik ceker, Boyolali juga memproduksi keripik kulit sapi yang melimpah. Kulitnya yang tebal dengan tekstur yang sedikit kasar, buat ketagihan mengunyah terus.

Harganya juga terjangkau, loh, satu bungkus besar biasanya dipatok mulai dari 30 ribu saja.

Demikian deretan oleh-oleh khas Boyolali yang bisa kamu bawa pulang untuk orang rumah.

Sumber:

Horego

Tags

Related Post

Tinggalkan komentar