5 Ikon Kota Solo Terpopuler Jadi Jujugan Wisata

Ini deretan ikon kota Solo yang menjadi jujugan para wisatawan saat berkunjung ke kota unik ini. Simak yuk apa saja ikon kota Solo berikut!

Nabila Yuanita

ikon kota solo

Kota Solo memang sangat menarik dieksplor setiap sudutnya! Kini makin banyak wisatawan yang menghabiskan waktu luang mereka berlibur ke Solo.

Solo mempunyai segala jenis wisata yang memikat, dari situs bersejarah sampai kuliner yang lezat. Kamu benar-benar akan dimanjakan sejak menginjakkan kaki ke kota batik ini. Kalau kamu ingin berkunjung ke semua tempat ikonik yang ada di Solo, intip beberapa lokasi wisata berikut ini!

1. Pasar Klewer

Pasar Klewer adalah surganya buat kamu penggemar belanja! Terkenal sebagai pasar batik terbesar di Solo, Pasar Klewer tersedia berbagai macam batik tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

Selain batik, pasar ini juga menjual beragam souvenir, kerajinan tangan, dan makanan khas kota unik ini. Pokoknya setelah berkeliling Solo, kamu harus banget ke Pasar Klewer beli oleh-oleh khas Solo!

2. Keraton Solo

Belum afdol kalau wisata ke Solo tapi tidak berkunjung ke Keraton Solo. Lokasi ini merupakan salah satu daya tarik utama Kota Solo. Sebuah istana kerajaan yang megah dan penuh dengan sejarah.

Dibangun pada abad ke-18, Keraton ini adalah rumah bagi raja-raja dari Dinasti Mataram dan tempat diadakannya berbagai upacara kerajaan tradisional. Dengan arsitektur Jawa yang megah dan taman-taman yang indah, Keraton Solo bakal memikat kamu dengan keanggunan dan keindahan budayanya.

3. Tugu Lilin

Tugu Lilin merupakan tiang yang menjadi saksi sejarah penting kemerdekaan Indonesia. Dibangun di Jalan Wahidin, Tugu Lilin memiliki nama resmi yaitu Tugu Kebangkitan Nasional.

Tugu Lilin menjadi salah satu ikon Solo yang tidak hanya sekedar tempat bersejarah juga, tetapi juga tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

4. Tugu Keris

Selain Tugu Lilin, Solo juga memiliki ikon lain yaitu Tugu Keris. Tempat ini termasuk mudah dijangkau karena berada di pusat tengah kota dekat dengan sungai Kali Anyar.

Dengan keris raksasa yang menjulang tinggi, tugu ini tidak hanya menjadi penanda sejarah, tetapi juga menarik minat para pengunjung yang ingin belajar lebih dalam tentang kebudayaan Jawa.

5. Masjid Raya Sheikh Zayed

Meski terbilang baru, siapa sangka jika Masjid Raya Sheikh Zayed ini telah menjadi ikon Solo yang populer. Sejak diresmikan, masjid ini menjadi lokasi wisata religi bagi turis luar kota yang berkunjung ke kota Solo.

Selain menikmati kemegahan masjid Zayed, kamu bisa beribadah dengan khusuk dan tenang. Sebaiknya kunjungi masjid Zayed di hari biasa, agar kamu bisa menikmati ibadah dengan tenang tanpa huru-hara wisatawan.

Sumber:

Kompas

Tags

Related Post

Tinggalkan komentar