6 Lokasi Wisata Sejarah di Solo, Cocok Buat Liburan Akhir Tahun!

Di sini kamu akan menemukan berbagai infromasi wisata sejarah di Solo yang wajib dikunjungi. Apa saja itu? Yuk, simak artikel ini!

Nabila Yuanita

Benteng Vastenburg

Kamu sedang cari informasi tempat wisata sejarah di Solo?

Kami akan memaparkan beberapa rekomendasi tempat wisata bersejarah yang cocok dikunjungi selama liburan akhir tahun bersama keluarga.

Berbagai sudut di Solo punya banyak cerita sejarah yang kental, lho. Maka, jangan sampai kamu sia-siakan berwisata ke tempat-tempat yang menyimpan sejarah menarik. Lantas, apa saja tempat wisata yang bernuansa sejarah di Solo? Berikut daftar yang disadur dari berbagai sumber.

1. Pura Mangkunegaran

Wisata Sejarah di Solo
Sumber: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo

Pura Mangkunegaran merupakan salah satu wisata lokal bersejarah yang sempat viral di TikTok beberapa waktu lalu. 

Nuansa klasik dengan budaya Solo yang kental, membuat tempat ini kerap ditandai sebagai must visit place oleh sebagian besar turis.

Kamu tidak sendiri, karena ada pemandu wisata yang akan menemani mengelilingi Pura Mangkunegaran sambil menjelaskan sejarah berdirinya tempat tersebut. Di dalamnya, kamu dapat menjumpai koleksi benda bersejarah dari berbagai daerah serta berkesempatan mengintip ruang rahasia yang dianggap sakral.

Harga masuk: Rp 10,000

Waktu operasional: Setiap hari (08.30 – 14.00 WIB)

Lokasi: Jl. Ronggowarsito, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57131

2. Benteng Vastenburg

Wisata Sejarah di Solo
Sumber: Kompas

Butuh liburan hemat? Benteng Vastenburg jadi pilihan yang tepat!

Tidak jauh dari Pura Mangkunegaran, kamu juga bisa mengunjungi benteng peninggalan Belanda, yaitu Benteng Vastenburg. Dulunya, benteng ini difungsikan sebagai pihak Belanda sebagai tempat pengawasan untuk memantau penguasa Surakarta. 

Namun, setelah Indonesia merdeka, tempat tersebut dialihkan sebagai markas TNI untuk mempertahankan kemerdekaan. Meskipun tempat ini sempat terbengkalai cukup lama, tahun 2010 lalu Benteng Vastenburg dinobatkan sebagai cagar budaya.

Harga masuk: Gratis

Waktu operasional: Setiap hari (24 jam)

Lokasi: Kedung Lumbu, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57133

3. The Heritage Palace

Wisata Sejarah di Solo

Bangunan The Heritage Palace merupakan bangunan megah yang awalnya didirikan sebagai Pabrik Gula Gembongan. 

Pada tahun 1920, arsitektur bangunan tersebut dirombak menjadi bergaya Belanda yang membuatnya semakin terlihat menarik dan mewah. Saat ini, The Heritage Palace menjadi lokasi wisata favorit dengan berbagai tawaran destinasi, seperti museum 3D, mobil antik hingga Omah Walik.

Harga masuk: Rp 55,000 (Weekday), Rp 65,000 (Weekend)

Waktu operasional: Setiap hari (09.00 – 16.30 WIB)

Lokasi: Jl. Permata Raya Dukuh Tegal Mulyo rt.002/rw.008, Honggobayan, Pabelan, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57169

4. Taman Balekambang

Wisata Sejarah di Solo
Sumber: Tribun Travel

Kamu menyukai suasana tenang dengan pemandangan hijau? Taman Balekambang menjadi lokasi yang tepat untuk bersantai.

Kamu bisa menikmati ketenangan kota Solo di wisata hutan Taman Balekambang ini. Duduk-duduk sambil bercengkrama dengan pemandang kolam serta hutan rindang yang mengelilingi sekitarnya.

Selain itu, Taman Balekambang memiliki beberapa spot cantik yang instagramable banget! Kamu berkesempatan foto dengan rusa-rusa yang ramah dan menggemaskan. Ada juga hewan lain seperti iguana dan merak yang turut mempercantik suasana.

Harga masuk: Rp 5,000

Waktu operasional: Setiap hari (07.00 – 17.00 WIB)

Lokasi: Jl. Balekambang, Manahan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57139

5. Museum Batik Danar Hadi

Sumber: Kompas

Museum Batik Danar Hadi menjadi spot paling direkomendasikan jika kamu menyukai batik. Tersedia ribuan koleksi batik dengan berbagai corak yang variatif. Bahkan museum bersejarah ini dicatat oleh Rekor MURI sebagai museum dengan koleksi batik terbanyak.

Keberadaan museum ini semakin memperkuat identitas Solo sebagai pusat peradaban batik. Kain-kain batik dari berbagai daerah bisa kamu temukan di museum Batik Danar Hadi ini. 

Walau batik di museum ini merupakan koleksi pribadi dari H. Santosa Doellah, museum ini dibuka untuk umum sebagai tempat wisata.

Harga masuk: Rp 8,000 – Rp 35,000

Waktu operasional: Setiap hari (09.00 – 16.30 WIB)

Lokasi: Jl. Slamet Riyadi No.261, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57141

6. Keraton Surakarta Hadiningrat

Sumber: Merdeka

Bila kamu tertarik mempelajari kerajaan Jawa, Keraton Surakarta Hadiningrat wajib ada di daftar kunjunganmu selama di Solo!

Kamu bisa menyaksikan berbagai wisata warisan budaya seperti sekaten, malam Suro, dan upacara adat lainnya. Ketika berkunjung di musem ini, wisatawan dilarang melangkahkan kaki di beberapa area yang dianggap sakral, seperti kediaman Raja Pakubuwono.

Walau begitu, wisatawan masih bisa menikmati fasilitas lain yang tidak kalah menarik. Salah satu tempat yang boleh dikunjungi adalah pendopo besar di Sasana Saweka, yang kerap menampilkan tarian daerah dan gamelan.

Harga masuk: Rp 8,000 – Rp 15,000

Waktu operasional: Senin – Kamis (09.00 – 14.00 WIB), Sabtu – Minggu (09.00 – 15.00)

Lokasi: Jl. Kamandungan, Baluwarti, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57144

Demikian penjelasan mengenai sejumlah tempat wisata di Solo yang bersejarah dan menarik dikunjungi untuk liburan akhir tahun. Jadi, mau berkunjung ke mana akhir tahun ini?

Referensi:

Tags

Related Post

Tinggalkan komentar