6 Oleh-Oleh Khas Solo Wajib Bawa Pulang Buat Orang Tersayang

Oleh-oleh khas Solo satu ini tidak boleh kamu lewatkan. Berikut daftar cemilan yang harus kamu bawa pulang ke rumah!

Nabila Yuanita

Oleh-Oleh Khas Solo

Siapa, nih, yang suka bawa oleh-oleh setelah wisata seharian di destinasi tujuan?

Solo, atau Surakarta, bukan hanya terkenal dengan keindahan keratonnya yang megah, loh. Tetapi juga dengan kelezatan kuliner khasnya yang memikat lidah siapa pun yang mencobanya. Bagi para pengunjung yang datang ke kota ini, tak lengkap rasanya jika tidak membawa pulang oleh-oleh khas Solo yang lezat dan menggugah selera.

Nah, dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa oleh-oleh yang wajib dicoba saat berkunjung ke Solo. Ini dia sederet oleh-oleh khas Solo yang harus kamu bawa pulang ke rumah!

Oleh-Oleh Khas Solo
Sumber: Perpus Jateng

1. Serabi Notosuman

Serabi Solo adalah kue tradisional yang terbuat dari campuran tepung beras dan santan. Kamu bisa mencicipi berbagai rasa, mulai dari original, cokelat, hingga keju. Serabi khas Solo ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis. Cocok sebagai oleh-oleh untuk dibawa ke rumah.

2. Pukis Badran

Pukis Badran adalah salah satu jajanan tradisional khas Solo yang memiliki rasa yang unik dan lezat. Terbuat dari campuran tepung terigu, santan, dan telur, adonan pukis Badran kemudian dipanggang dalam cetakan khusus hingga matang. Rasanya yang manis dengan berbagai rasa serta aroma harum santan membuat pukis Badran menjadi pilihan oleh-oleh yang populer di Solo.

3. Rambak

Kalau keluarga di rumah ada yang suka makanan gurih, cemilan satu ini tidak boleh kamu lewatkan. Ramba merupakan camilan khas Solo yang terbuat dari kulit sapi yang dipanggang atau digoreng hingga menjadi keripik yang renyah. Rambak memiliki rasa gurih dan garing yang nikmat, serta sering disajikan dengan sambal khas untuk menambah sensasi pedas. Camilan ini sangat cocok sebagai oleh-oleh atau cemilan untuk dinikmati di rumah bersama keluarga dan teman.

4. Intip Solo

Intip Solo, sebuah camilan khas dari Solo yang menawarkan sensasi rasa yang unik dan memikat hati. Berbeda dengan rengginang, cemilan satu ini memiliki bentuk yang lebih besar dan terbuat dari kerak nasi yang dicetak pada dandang atau kendi. Kemudian digoreng hingga renyah.

Terdapat dua jenis intip solo yang bisa kamu nikmati, yaitu intip solo polos dan siraman gula jawa cair. Kedua variasi ini menawarkan cita rasa yang istimewa dan mengundang selera.

5. Kripik Ceker

Oleh-oleh ini termasuk sangat unik. Biasanya ceker disajikan tanpa goreng kering. Tapi Solo menyediakan keripik ceker yang tidak kalah lezat. Kripik Ceker adalah camilan yang terbuat dari ceker ayam yang dipanggang atau digoreng hingga kering dan renyah. Biasanya terdapat taburan bumbu rempah dengan rasa gurih dan asin.

6. Bakpia Balong

Bakpia memang identik dengan Jogja, tetapi Solo juga punya cemilan ini yang harus kamu bawa pulang ke rumah.

Kue kering satu ini berbentuk bulat isi campuran kacang hijau dan gula. Kue ini memiliki tekstur lembut dan rasa manis yang khas. Bakpia Balong adalah oleh-oleh yang populer di Solo dan para pengunjung kerap memburu cemilan ini.

Dengan mencoba berbagai oleh-oleh khas Solo ini, kamu tidak hanya akan membawa pulang kenangan manis dari kota ini, tapi juga pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Jadi, jangan lupa untuk mencicipi berbagai kudapan lezat ini saat berkunjung ke Solo!

Sumber:

Detik

Tags

Related Post

Tinggalkan komentar