5 Kuliner Hidden Gems di Solo 2024

Kuiner hidden gems di Solo tidak hanya satu atau dua saja. Banyak pilihan yang masih tersembunyi, loh. Apa saja itu? Simak berikut ini!

Nabila Yuanita

Kuliner Hidden Gems di Solo

Mau coba hal baru dengan mencicipi kuliner yang nikmat tapi belum banyak yang tahu? Di Solo, punya berbagai opsi kuliner yang menarik dijelajahi termasuk kuliner yang masih tersembunyi. Walau Solo populer dengan Nasi Liwetnya, kota budaya ini memiliki kuliner tersembunyi yang layak dicoba.

Lantas, apa saja kuliner hidden gems yang ada di Solo? Untuk mengetahui rekomendasi kuliner tersebut, simak artikel ini hingga selesai!

1. Tahok Pak Citro

Kuliner Hidden Gems di Solo
Sumber: Tribun Travel

Kuliner legendaris campuran Cina Jawa ini sebagai salah satu kuliner yang menarik untuk dicicipi. Tahok sendiri merupakan jenis makanan yang terbuat dari olahan kedelai yang kemudian diproses menjadi kembang tahu.

Seporsi Tahok disiram dengan kuah jahe panas. Tahok memiliki tekstur yang lembut dan mudah lumer di lidah. Apalagi kuah jahe yang memberikan rasa segar membuat kenikmatan Tahok ini berlipat ganda. Gerobak Tahok Pak Citro berada di Pasar Gede dekat jam Tugu. Hanya Rp 10.000 kamu bisa mendapatkan semangkok porsi penuh.

Baca Juga: Yuk Cobain 7 Kuliner Malam di Karanganyar, Enak Semlidut!

2. Gempol Pleret

Kuliner Hidden Gems di Solo
Sumber: Kompas

Kalau kamu sedang mampir ke Pasar Gede, jangan lupa mampir ke gerobak Gempol Pleret. Gempol Pleret merupakan minuman segar yang berisi gempol atau adonan tepung beras yang berisi gula jawa. Adonan ini biasanya berbentuk bulat pipih yang dicampur dengan kuah santan dan sirup. Minuman ini paling cocok diminum kalau cuaca lagi panas-panasnya.

3. Rawon Pojok

Kuliner Hidden Gems di Solo
Sumber: Jawa Pos

Makanan kali ini memang bukan makanan khas Solo maupun Jawa Tengah. Tapi, tidak ada salahnya mencicipi hidden gem satu ini di Solo. Rawon, makanan berkuah hitam yang terbuat dari kluwek ini memilik cita rasa khas dan kuat.

Setiap suapan Rawon terasa nikmat dan segar yang berbeda dari kebanyakan makanan berkuah. Kamu bisa mencicipi makanan ini di Rawon Pojok yang terletak di Jalan Ir. Juanda, Purwodiningrat, Solo.

4. Kare Bayam Mbak Lies

Hidden gems dan unik mungkin layak diberikan pada Kare Bayam Mbak Lies. Makanan ini cukup unik karena kare ayam biasanya tanpa ada tambahan sayur berdaun hijau. Namun, di warung Mbak Lies, kamu akan diberikan ekspektasi berbeda yaitu nasi kare dicampur dengan sayur bayam.

Walau terlihat aneh, rasa kare bayam di sini sangat nikmat, lho. Kamu harus mencicipi makanan satu ini di Jalan Samratulangi, Manahan. Harganya juga sangat terjangkau yaitu hanya 11 ribu saja.

5. Kentanggihan

Sumber: Tribun Travel

Kalau kamu ingin mencicipi hidden gems versi kebaratan, kamu harus mencoba makan berbagai menu yang disediakan di Kentanggihan. Salah satu menu andalan Kentanggihan adalah chicken snitzle dan chicken poivre. Masih ada menu makanan dan minuman lainnya yang wajib kamu cicipi. Selain makanannya yang lezat dan bervariasi, bangunan resto Kentanggihan juga estetik cocok untuk mengambil dokumentasi sambil makan. Jadi, kamu bisa menikmati makanannya yang lezat sambil berfoto-foto ria.

Referensi:

Tags

Related Post

Tinggalkan komentar